Mesin Aduk Beton/Molen


Dalam pelaksanaan pekerjaan beton telah banyak digunakan mesin aduk beton atau”molen”, dengan mesin ini hasil adukan akan tercampur lebih merata dan lebih sempurna. Selain hasil adukan baik ternyata kecepatan aduk lebih meningkat dan biaya aduk lebih murah dibandingkan dengan mengaduk dengan tenaga manusia.

Keterangan nomor gambar di atas :

1)Tabung Aduk : Tabung aduk berupa bejana berbentuk silinder dengan bagian bawah tertutup dan lapisan atas berbentuk kerucut terpancung. Pada ujung atas kerucut terdapat lubang mulut tabung aduk untuk memasukkan bahan-bahan susun adukan beton dan untuk menumpahkan adukan beton setelah selesai dicampur. Di dalam tabung aduk terdapat daun-daun yang membantu mencampur bahan-bahan susunannya.

2)Motor : Motor gerak yang ditempatkan pada kerangka mesin aduk berguna untuk menggerakkan tabung aduk hingga tabung aduk dapat berputar.

3)Roda Molen : agar mudah memindahkan molen

4) Kerangka : Merupakan tubuh dari mesin yang dilengkapi dengan roda dan batang tarik mesin hingga mesinnya dapat dengan mudah dipindah-pindahkan.

5)Roda Pembalik Tabung : Roda pembalik berguna untuk mengubah kedudukan tabung aduk pada waktu diisi bahan-bahan susun dan ketika untuk menumpahkan hasil adukan.

6)Batang Tarik Mesin : untuk memudahkan memindahkan molen.

7)Kunci Roda Pembalik : Kunci ini berguna untuk mengunci roda pembalik tabung aduk agar dapat dipindah ke tempat lain. Bila mesin ini tidak digunakan untuk menarik, batang dapat dimasukkan ke dalamkerangka mesin, dan bila akan digunakan untuk menarik maka batang dikeluarkan/dipanjangkan.

Perawatan Mesin

  1. Setelah mesin selesai digunakan mesin dibersihkan dengan air hingga sisa-sisa adukan yang melekat pada mesin hilang.
  2. Mesin dikeringkan sampai betul-betul kering, bebas dari air (tidak basah).
  3. Diolesi dengan minyak (oli) terutama bagian-bagian yang berputar, misalnya poros/as, gigi-gigi tabung atau gigi-gigi roda pembalik agar tidak berkarat.
  4. Kemudian disimpan di tempat yang terlindung dari hujan, bila perlu diberi penutup.

Pustaka :

Kumpulan gambar teknik bangunan, Drs.Daryanto

About these ads

About sanggapramana

Mahasiswa S1 angkatan 2009 jurusan teknik sipil, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Posted on 08/09/2010, in alat-alat sipil. Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. untuk harga beton molen berapa?

    • sanggapramana

      macam2 mas.
      kemaren baru tanya, kalo merk KUBOTA buatan jepang, mesinnya aja sekitar 4 – 6 jutaan mas, belum sama rangka molennya.
      Kalo buatan cina mah murah mas, 3 jutaan baru udah komplit, yang bekas 1,5 jutaan.

      • beli molen dimana ya..yang baru atau bekas jg boleh

      • sanggapramana

        emang mas tinggal dimana ?
        di semarang kalo beli bekas di kawasan barito, orang2 semarang pasti tau tempat itu.
        kalo baru, langsung aja datang ke pabrik Kubota (buatan jepang) di kawasan banyumanik (semarang-ungaran)

  2. Pak, mohon info kalau Molen ada berapa jenis dan berapa ukuran, sudah itu kisaran harganya di Jakarta, termasuk beratnya karena rencana mau beli dan dikirimkan keluar pulau jawa.
    terima kasih.

  3. kalau di bandung tempat beli molen baru dan bekas di daerah mana ya?terus harga baru berapa?dan harga bekasnya berapa?
    terimakasih.

    • sanggapramana

      @bekti : kalo di bandung saya kurang tau mas, untuk di daerah dekat rumah saya harga concrete mixer baru buatan jepang (kubota) harganya sekitar 8 jutaan kalo nggak salah, kalo yang merek cina seperti YANMAR, DONG FENG, JIANG DONG, JIANG FA dll, biasanya lebih murah dari 4 – 6 juta. Harga second saya pernah iseng2 tanya di daerah Barito, Semarang, harganya 3 jutaan untuk yang merk Cina,. tapi belum saya tawar karena nggak punya uang, :) . Dulu juga pernah ada mandor yang nawarin saya harganya 1 jutaan yang bekas merk china, tp wktu itu saya tidak berminat. Ya yang penting kondisinya baik dan harganya lumayan, bisa dicari mas di pertokoan yang menjual barang2 bekas atau searching saja di internet merk2 yang saya sebut diatas. terima kasih ^_^

  4. pak, apakah saya bisa minta gambar teknik.nya mesin molen?
    trims pak :)

  5. mau nanya nih pak, mengenai mesin pengaduk dengan spesifikasi diatas apakah masuk dalam standard SNI / ASTM

  6. edy-081553566665

    PAK.KLO MAU BELI MOLEN UKURAN PALING KECIL DISURABAYA DIMANA

  7. saya tinggal di pemalang mau beli mesin molen bekas ato kalo nggak ada baru bolehlah karena hanya mau di pakai buat mabngun mesjid di kampung randudongkal ‘ di mana penjual terdekat yah….tks

    • sanggapramana

      @Mas Suparjo : Maaf kalo pemalang kurang tau, biasanya banyak mas di jakarta molen2 bekas yang setelah proyek selesai langsung dijual molennya karena mungkin kontraktornya berasal dari daerah lain sehingga repot kalau dibawa pulang. Kalau bekas di semarang saya taunya di kawasan barito, kalau mau beli baru buatan jepang ada pabriknya di Semarang tepatnya di banyumanik namanya Kubota.

  8. molen yang bagus merk apa kang…?

  9. saya cari di google molen kubota tidak ada mas, masalahnya saya juga mao beli molen yang bagus

  10. Mursalin Ibrahim

    assalamualaikom mas, kalau harga baru mesin molen merk Kubota 6 PK lengkap semuanya (mesin dan rangkanya) + biaya pengiriman ke NTT (Ende – Flores) kira2 berapa budget..?

  11. Temene johan hehe

    Nek molen mini 125 liter di semarang dimana belinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: