Monthly Archives: Januari 2011

Materi P3K (Ir H Kartono W, MM, MT)


PENDAHULUAN

PERENCANAAN : Suatu metode untuk membuat dasar, pola, jalur, alur yang dapat digunakan untuk tuntunan dasar kerja atau dasar pengendalian.

PERENCANAAN YANG BAIK : Perencanaan yang baik terdiri dari 2 dasar, yaitu

  1. Dasar Pelaksanaan
  2. Dasar Kontrol

Perencanaan yang baik juga menjawab 4W+1H

  • Who  =  Siapa tenaga ahlinya
  • When = Lebih ke Time Schedulenya
  • Where = Manajemen lokasi, tempat kerja
  • Why  =  Mengapa lokasinya disitu ? alasan mengapa Time schedulenya demikian ? dll
  • How  = Metode kerjanya seperti apa? ??

Perencanaan yang baik mengandung :

  1. Tujuan yang jelas   =  Global
  2. Sasaran yang jelas =  Kualitatif
  3. Target yang jelas    =  Kuantitatif

Perencanaan proyek meliputi:

  1. BIAYA   = TEPAT BIAYA = tidak boleh melebihi anggaran (TIME SCHEDULE)
  2. MUTU =  TEPAT MUTU = Tidak boleh menyalahi spesifikasi (RAP dan RAB)
  3. WAKTU =  TEPAT WAKTU =  Tidak terlambat dari schedule yang ditentukan (RKS, gambar rencana, gambar kerja)

PENGENDALIAN

Tujuan Pengendalian = Adalah usaha meminimalkan penyimpangan agar sesuai dengan perencanaan.

Pengendalian Waktu

Untuk Pengendalian waktu dapat digunakan “Time Schedule”,  dengan adanya :

  1. Kurva S –> Dengan cara UPDATING dan ANALYSIS VARIAN
  2. Bar Chart

UPDATING = Menggambarkan/memperbarui TIME SCHEDULE umumnya mingguan.

ANALYSIS VARIAN = Membandingkan varian yang lama dan varian yang baru

Macam-macam solusi apabila terjadi keterlambatan waktu :

  1. Crassprogram
  2. Re-scheduling
  3. Re-engineering

Crassprogram : program khusus jangka pendek untuk mengejar ketinggalan. Catatan : Apabila ketertinggalan belum parah.(penambahan waktu  jam kerja, penambahan tenaga kerja)

Re-scheduling : Penjadwalan ulang, digunakan apabila keterlambatan sudah banyak, butuh persetujuan owner dan pengawas.

Re-engineering : Mengubah alat kerjanya (pacul menjadi excavator) mengubah bahannya (bekisting kayu plat menjadi bondek), mengubah metodenya.

Crassprogram dapat digabung dengan Re-engineering.

Dengan pengendalian mutu yang baik maka pekerjaan akan lebih cepat selesai, sehingga keuntungan yang didapat adalah :

  1. Menghemat biaya (manajemen, tukang) tapi juga ada uang lembur, karena pekerjaan cepat selesai
  2. Tenaga ahli dapat dialihkan pada proyek lainnya

Bagaimanakah bila keterlambatan terjadi pada lintasan kritis ????????

Keterlambatan pada lintasan kritis tidak masalah apabila masih ada waktu tenggangnya, tapi dari segi prestasi kurang baik !!!!!!!!


PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MUTU

Dasar perencanaan dan pengendalian mutu adalah RKS, gambar bestek dan lain-lain.

Alat Pengendalian Mutu dengan membuat tabel daftar mutu, yang diambil dari RKS, kegunaannya adalah untuk memudahkan dalam pengendalian mutu, daripada membuka RKS yang tebal dan mencari satu per satu.

Contoh tabel daftar mutu :

Pengendalian mutu :

  1. Evaluasi  :
  2. Pengamatan : Pengamatan atau pengawasan dilakukan langsung dengan mengamati seperti pekerjaan pembesian, pengecoran dan pemasangan bekisting.
  3. Uji Laboratorium : Sampel- sampel seperti beton di uji kekuatan tekannya di laboraturium dan baja di uji kekuatan tariknya.
  4. Laporan : Laporan harian, laporan mingguan, laporan bulanan dan laporan akhir yang dilengkapi dengan foto atau video.
  5. Meeting : Meeting dilakukan mingguan, bulanan, meeting khusus, setelah ada termin, PHO (pre hand over) atau FHO (final hand over).
  • PHO (Pre Hand Over) = adalah meeting yang dilaksanakan pada akhir pelaksanaan.
  • FHO (Final Hand Over) = adalah meeting yang dilakukan pada akhir masa pemeliharaan

Dan juga Konsultan perencana melakukan pengawasan berkala agar tau ada spec yang tidak sesuai dengan perencanaannya.

Setiap pendatangan material harus ada ijin kerja dan sample materialnya.

Perencanaan dan Pengendalian Biaya

Dasar perencanaan biaya adalah RAB, perencanaan dan pengendalian biaya dapat dilihat dari 2 sisi, yaitu :


Penjelasan gambar di atas adalah sebagai berikut :

  1. IDE : ide masih berupa gagasan belum direalisasikan jadi belum ada gambar dan perencanaannya adalah global.
  2. STUDI KELAYAKAN : Ide kemudian ditinjau sejauh mana kelayakannya untuk direalisasikan, dengan mempertimbangkan aspek manfaat dan biaya. Dengan menggunakan metode membandingkan antara proyek lama dan proyek baru dari segi mutu, index waktu, kapasitas, elemen dan lain2.
    ( penjelasan lebih detail di gambar di bawah)
  3. LAYAK : Layak berarti ide sudah teruji kelayakannya untuk direalisasikan.
  4. PERENCANAAN : Perencanaan meliputi perencanaan keuangan detail yang tidak menyimpang dari perencanaan global studi kelayakan.
  5. LELANG : Lelang dilaksanakan untuk mencari kontraktor sebagai pelaksana proyek, dengan berpedoman pada Engineer Estimate dan Owner Estimate agar kontraktor tidak sembarang menawar.
  6. PELAKSANAAN : Pengendalian keuangan owner yaitu dengan adanya jaminan dari kontraktor dan pembayaran termin yang diberikan sesuai dengan prestasi kerja kontraktor. contoh : prestasi 30% uang yang diberikan 25%.

Dari sisi kontraktor :

Dengan Penjelasan sbb :

  1. Lelang : Sebelum mengajukan penawaran harga ada baiknya pertama : mengecek harga pasar baik material, tenaga kerja dan peralatan. kedua, mengecek pajak resmi dan tidak resmi (tidak resmi ngemel dpr , dinas dll) ketiga, biaya operasional / manajemen yaitu tenaga ahli. keempat, biaya tidak terduga (transportasi, dll), kelima , perkirakan keuntungan anda umumnya 10%.
  2. Pelaksanaan : menyusun RAP yang nominalnya harus lebih kecil dari RAB agar kontraktor dapat keuntungan

OK ! semoga bermanfaat !!!!

Iklan

Alhamdulillah (Part 1)


Hari ini tanggal 28 Januari 2011, malam sabtu, rutin diadakan tafsir Qur’an yang bertempat di Masjid Istiqomah Ungaran. Ini kali ke-3 saya mengikuti tafsir Qur’an dengan rekomendasi dari guru ngaji saya. Guru ngaji saya ini sudah sangat lama, beliau datang ke rumah saya untuk mengajari saya ngaji dari saya kelas 3 SD sampai sekarang. Sampai rumah saya sudah pindahpun beliau selalu mengajarkan kami sekeluarga (adek saya ada 3) untuk tetap mengaji. Alhamdulillah ada orang seperti beliau yang selalu menghabiskan hari-harinya di jalan Allah. Dulu dirumah lama saya ngaji sama anak2 tetangga, sekarang adek2 saya yang mengaji sama saudara saya yang masih SD yang kebetulan rumahnya disebelah saya persis. Tak lupa setiap mengaji kami selalu di bawakan makanan dari saya SD sampai sekarang  seperti Chiki, Nyam-nyam, memang kebetulan beliau mempunyai warung kecil di rumah. Dan yang paling ajaib, beliau tidak menarifkan biaya ngaji, alias seikhlasnya kalau nggak punya uang nggak bayar juga tidak apa2. Begitu mulia akhlak beliau semoga Allah memberikan balasan atas semua yang telah sodaqohkan di jalan Allah.  Setiap habis mengaji kadang2 saya juga mengantarkan beliau ke suatu perkumpulan pengajian, memang setiap hari begitulah kehidupan beliau.

Langsung saja, malam ini seperti biasa pembicaranya adalah Ustadz Baedowi Hafidz yang tidak lain adalah menantu dari guru ngaji saya. Beliau masih muda, pekerjaannya beliau adalah kepala sekolah di suatu MI atau sekolah islam saya lupa, hehe.

Pertama kali saya mengikuti acara tafsir Qur;an ini, karena sudah 1 bulan yang lalu dan sudah agak2 lupa, maka saya tuliskan intinya saja yang masih saya ingat. yaitu :
“Dan sesungguhnya Allah tidak menyukai para manusia yang menganiaya dirinya sendiri”

saya tidak memberikan embel2 surat dan ayat, karena mungkin tidak begini penulisannya, yang intinya adalah BERHARAP UNTUK MATI ITU TIDAK BOLEH, APALAGI BUNUH DIRI” yang mana kita selalu ditimpa masalah, dan kadang kita berpikir untuk lari dari masalah yaitu dengan mati. Saya sendiri sering berpikir seperti itu, ingin mati dan ingin cepat2 bertemu dengan Allah, karena hal yang paling membahagiakan adalah bertemu dengan Pencipta kita, Dzat yang memberikan kita kehidupan, yang memberikan kita perasaan untuk dapat bahagia.

Pada pertemuan ke-2. Sambil mengingat-ingat . Oh ya, saya ingat, bahwa beliau berkata ” Setan itu dapat masuk kedalam sikap seseorang, dengan mengatasnamakan Allah” contohnya adalah pada saat jaman Rasulallah, pengikut Rasulullah yang bernama si A, ingin mengadakan perluasan masjid. Di sekitar masjid, terdapat rumah2 penduduk yang beragama muslim semua setuju kalau rumahnya digusur untuk keperluan perluasan masjid, tapi ada 1 rumah kecil, jelek, kumuh milik seorang yahudi, dia tidak setuju kalau rumahnya digusur untuk keperluan perluasan masjid. Tapi si A ini bersikeras, “Hancurkan saja rumah kecil, jelek, kumuh milik orang yahudi itu kita tetap harus melaksanakan perluasan masjid” cerita ini sampai pada telinga sahabat Umar. Dengan marah sahabat Umar berkata ” Siapa yang mau menggusur rumah orang yahudi itu, biar aku penggal kepalanya”.Mengapa sahabat Umar marah ?? karena sudah jelas, di ajarkan di agama Islam. Kita memerangi orang kafir yang memerangi agama kita, sedangkan orang kafir (yahudi) itu tidak memerangi kita, jadi kita hidup berdampingan tanpa berperang. Dan juga kita disuruh untuk menghormati hak orang lain, termasuk orang Yahudi itu. Di mana Syaitan masuk kedalam hati si A dengan mengatasnamakan untuk keperluan perluasan masjid, sehingga tidak menghargai hak orang yahudi tadi yang tidak memberikan ijin rumahnya digusur untuk kepentingan perluasan masjid.

Nah sekarang pertemuan ke-3 yaitu barusan tadi, mengenai surat Al-Anbiya (Nabi-Nabi). Memang pertama-tama sebelum tafsir Quran Ust. Baedowi Hafidz selalu membaca hafalannya sedangkan kami (pendengar) menyimak hafalan beliau.  Pada surat ini belaiu menceritakan mengenai, Ni’mat dan Ni’mah. . .

Nikmat : pengertian umum yang ditafsirkan manusia bahwa nikmat adalah sesuatu pemberian yang dapat membuat kita bahagia. Disini Nikmat yang dimaksudakan oleh beliau adalah segala sesuatu baik itu membahagiakan kita atau justru membuat kita sedih, tetapi membuat kita dekat dengan Allah. Misalnya kita diberi jabatan sebagai anggota DPR dan kita dekat dekat dengan Allah, maka itu adalah nikmat. Kita patah hati dan menjadi dekat dengan Allah itu adalah nikmat juga.

Sedangkan Nikmah adalah segala pemberian yang membuat kita jauh dengan Allah. Misalnya Allah memberikan kita kesehatan tetapi justru kita menjadi jauh dengan Allah itu adalah nikmah. Kita diberi jabatan tinggi tetapi kita tidak dekat dengan Allah itu adalah nikmah. dan lain sebagainya.

Lalu mengenai perjalanan hidup Nabi Nuh, secara statistik beliau tidak sukses. Beliau berumur 950 tahun, dan menyiarkan agama Allah, tetapi pengikut beliau hanya 80 orang sedangkan anaknya sendiri tidak mau mengikuti beliau. Tetapi Allah memberi gelar nabi Nuh . . . . (lupa?), karena kita tidak dituntut Allah untuk sukses, tetapi untuk berusaha.

Pengalaman di kampus pagi tadi

Pagi tadi jam 1/2 9 , beliau (Ir.Rachmat Mudiyono, MT, PhD) bertanya pada saya, shalat subuh jam berapakah tadi kamu ngga? saya jawab, “jam 8 pak, hehe” sambil cengar-cengir. Lalu beliau juga bertanya pada teman saya bernama Rusli, dan Rusli menjawab jam 6 pak. . Astagfirullah katanya. Sambil menasehati saya dan teman saya tentang keimanan pada Allah, yang mana segala sesuatu harus dilaksanakan karena Allah, yang mana InsyaAllah semua hambatan / masalah dapat terselesaikan. Dimana Orang yang kuat adalah orang yang kuat mengangkat tubuhnya untuk shalat subuh. Dan shalat tepat waktu pada saat Isya’ walaupun waktunya panjang, karena kata beliau tombaknya shalat itu subuh dan Isya’. Lalu saya bertanya kepada beliau mengenai rencana saya yang sedang mendirikan CV, salah seorang pengurus asosiasi menceritakan kepada saya bahwa kita beli proyek di DPR, lalu kalo ingin untung kita harus menyimpang dari spek awal. Lalu beliau mengomentari ” kalo kamu bisa memperbaiki sistem itu, maka perbaikilah” saya menjawab “wah gak sanggup pak, kan DPR” lalu beliau berkata lagi, kalo kamu tidak sanggup merubahnya dengan tanganmu maka hijrahlah, toh masih banyak pekerjaan2 lain yang halal.

Nah sedikit mengenai pengalaman saya hari ini,

Met malam. 🙂

Cara mendirikan CV Kontraktor


Tepatnya bulan Desember 2010, aku masih menginjak semester 3 di perguruan tinggi UNISSULA  jurusan teknik sipil. Bulan ini orang tuaku mengijinkan aku untuk mendirikan badan usaha CV. Alhamdulillah, pada saat itu aku sangat senang sekali, akhirnya aku mendapatkan sesuatu hal yang sangat aku inginkan. Walaupun aku juga berpikir, ini bukan hanya tentang mendirikan sebuah badan usaha, tapi bagaimana badan usaha dapat mendapat pekerjaan, dan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik, yang pasti bukan hal mudah dan memerlukan tanggung jawab yang besar disamping memerlukan keahlian dalam pelaksanaan dan menganalisa biaya yang diperlukan sehingga tidak merugi tetapi InsyaAllah dapat memberikan keuntungan.

Akte Pendirian Badan Usaha

Jadi pertama-tama dengan ditemani Mama tercinta aku pergi ke notaris untuk membuat akte pendirian badan usaha CV. Yang perlu disiapkan antara lain :

  • Nama Badan usaha
  • Nama direktur dan KTP
  • Nama Komanditer (Komisaris) dan KTP

dengan syarat minimal terdiri dari 2 orang yaitu, direktur dan komisaris. Dan juga usia minimal adalah 21 tahun. Syarat lainnya yaitu 2 orang di atas bukan merupakan pegawai negri sipil yang masih aktif atau orang yang sudah memiliki jabatan pada badan usaha lain.

Setelah mendaftarkan hal-hal di atas, lalu kita juga disuruh memilih bidang apa saja yang mau kita daftarkan pada Badan usaha (CV) kita, misal yang pertama adalah jasa pemborongan, ke-dua : jasa pengadaan barang dan jasa, ke-tiga : perdagangan , dll.

Lalu setelah data-data yang aku berikan dicetak, ibu Notaris membacakannya di depanku dan om ku waktu itu, hal-hal yang ditulis tapi tidak aku dan om ku inginkan dicoret, dan dibuat salinan baru seperti yang aku inginkan.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Setelah mendapat salinan yang benar dari pihak Notaris yang akte badan usahanya sesuai dengan yang aku inginkan, selanjutnya kami mengurus NPWP untuk badan usaha yang baru didaftarkan ini ya di kantor pajak, waktu itu kantor pajaknya berada di Salatiga karena badan usaha saya berdomisili di kabupaten Semarang. Pada waktu mengurus NPWP untuk badan usaha ini, ternyata pihak direktur dan komisaris harus punya NPWP , karena saya belum punya jadi sekalian bikin NPWP untuk saya pribadi baru NPWP badan usaha. Pada saat itu om saya yang mengurus di kantor pajak, dengan menggunakan surat kuasa.

PENGADILAN

Setelah mendapat NPWP badan usaha, lalu untuk pengesahan oleh pengadilan di urus oleh pihak notaris. Hasilnya badan usaha saya yang baru ini di akte pendiriannya kemudian di cap bahwa sudah disahkan oleh pengadilan.

Ijin HO

Setelah disahkan oleh pengadilan sekarang waktunya mendapatkan ijin HO, yaitu bahwa badan usaha kita tidak mengganggu tetangga2 kita, dengan meminta tanda tangan mereka bahwa kita mendapatkan ijin dari tetangga kita untuk membuka badan usaha di sebelah rumah mereka.

TDP
TDP dapat dibuat apabila syarat HO sudah terpenuhi. (sebenarnya saat ini, sekarang saya masih mengurus surat TDP ini, tapi saya tuliskan saja lanjutannya walaupun saya belum melakukan tapi sudah dijelaskan urut2annya oleh orang2)

ASOSIASI

Asosiasi adalah suatu perkumpulan, karena bidangnya adalah kontraktor jadi harus ikut asosiasi yang anggotanya para kontraktor. Dengan anjuran ayah saya, karena beliau mempunyai teman di salah satu asosiasi, yaitu APAKNAS, maka saya berkunjung ke kantor BPD APAKNAS provinsi Semarang. disana saya diceritakan tahapan-tahapan untuk mendaftar, antara lain syarat pendaftaran untuk menjadi anggota asosiasi adalah memiliki :

  • Akte pendirian CV
  • NPWP badan usaha
  • dan TDP

karena saya tidak memiliki TDP maka pihak pengurus memperbolehkan hanya menggunakan akte dan npwp tapi hanya untuk mengurus KTA (Kartu Tanda Anggota). Tapi untuk mengurus SBU (Sertifikat Badan Usaha) yang didalamnya berisi sub-bidang badan usaha kita syaratnya harus dengan TDP dan Surat keahlian Tenaga kerja. Kalau ngerjain proyek swasta tidak perlu SBU dan IUJK, karena SBU dan IUJK itu hanya untuk syarat ikut proyek pemerintah.

IUJK (Ijin Usaha Jasa Konstruksi)

Setelah mempunyai SBU baru kita dapat mengurus IUJK atau SIUJK (Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi).

Nah begitulah tahapan2nya, semoga bermanfaat . . . .

tugas tekpres


Klik di bawah :

Sangga PW :  daur ulang limbah beton

materi kuliah semester 3


Download File mekanika tanah di bawah (Abdul Rochim ST,MT)

1. Tegangan Efektif

4. Rembesan #1

5. Rembesan #2

Download file IUT dibawah (Ir.Gata Dian A, MT)

1. Penginderaan jauh

2. Satuan arah dan penentuan posisi dalam IUT

3. kerangka pemetakan

I pendahuluan

IV Penginderaan jauh

pengukuran beda tinggi tacimetri