Belajar bahasa Inggris (lesson 1)


Saya baru saja menyadari akan pentingnya bahasa inggris, setelah saya beserta 4 rekan saya yang lain mengikuti “summer course” program di Universiti Teknologi Malaysia. Dengan bahasa inggris yang pas2an saya pergi ke negeri jiran yang tampak sedikit lebih maju daripada negri kita Indonesia. Setelah mengikuti program kuliah selama kurang lebih 3 minggu, yang dalam sehari-harinya menyampaikan materi dalam bahasa inggris (kadang-kadang diselingi dengan bahasa malaysia).Memang Universitas ini mempunyai pelajar international yang antara lain : Iran, India, Arab dan masih banyak lagi negara islam atau pun barat yang belajar di universitas ini, sehingga dibutuhkan satu bahasa untuk komunikasi antara mereka yaitu adalah bahasa inggris, dan tugas-tugas kuliah saya selama disana juga berbahasa inggris sampai pada akhirnya sebelum penutupan course dilakukan presentasi mahasiswa menggunakan bahasa inggris bagi masing2 mahasiswa yang mengikuti summer course.

yah baru2 ini saya les privat inggris di rumah, setelah mengetahui pentingnya bahasa inggris. Siyapa sih yang gak mau sekolah di luar negri, atau mungkin kita gak tau bagaimana bangsa ke depannya. Maybe, bisa saja bajak bule besok tinggal di indonesia atau pasngan kita orang luar . who knows🙂 . allright, firstly for our lessons i want to talk about nominal and verbal sentences.

kenapa dimulai dari ini ??? karena menurut saya grammar adalah yang paling penting dalam dasar belajar untuk menulis artikel dalam bahasa inggris dan presentasi dan berpidato,, karena dengan penyusunan kalimat yang baikakan sangat membantu dalam menulis dan berbicara dalam bahasa inggris.

nominal adalah kalimat dengan menggunakan kata sifat (noun). yang selalu diiringi dengan to be. contohnya : I am handsome🙂 dengan to be am dan kata sifat handsome.

sedangkan kalimat verbal adalah kalimat yang menggunakan kata kerja (verb), yang tidak diiringi dengan to be,

contohnya : I go there dengan go sebagai kata kerja dan bukan i am go there.

sifat dasar ini merupakan dasar juga apabila kita menggunakan waktu lampau (past), yang berhubungan dengan kalimat nominal dan verbal.

contohnya : I was sick yesterday.kata “was” adalah to be pengganti “am” pada kalimat sekarang (present) sehingga mudah bukan hanya mengganti to be nya saja.

contoh kalimat verbal past  : I went there last night. kata “went” adalah kata kerja ke-2 nya “go” jadi kalo kalimat verbal yang lampau (past) tinggal ganti saja  kata kerja bentuk pertama ke bentuk ke-2. mudah bukan🙂

untuk kalimat yang sedang terjadi (continuous) dengan memakai rumus tadi, yaitu digabungkan antara sifat nominal dan verbal. Digabungkan gimana ??? kalimat continous selalu adalah verbal, kita tahu bahwa karena sedang terjadi tambahkan saja “ing” dibelakang kata kerjanya. Lalu sifat kalimat nominal yaitu “to be” ikut dimasukkan dalam kalimat continuous. baik untuk kalimat sekarang (present) atau kalimat lampau (past).

contoh : I am studying right now. itu untuk kalimat present

contoh : I was studying last night. itu untuk kalimat lampau, hanya beda to be dan keterangan waktunya , mudah bukan,🙂

oh ya khusus kalimat verbal present , dengan subject she, he dan it jangan lupa tambahkan s atau es setelah kata kerjanya ,

contoh : she looks different. atau contoh lain, : he fills the bottle. mudah bukan🙂

sekarang mengenai kata do/does pada kalimat present , “do” dapat merupakan kata kerja (verb) yang berarti melakukan/mengerjakan, pada kalimat positive,

contoh : i do it myself. << disini “do” adalah kata kerja.

contoh : i am doing that << karena “do” adalah kata kerja maka dapat ditambahkan “ing” seperti pembahasan mengenai kalimat continuous yang sudah dijelaskan di atas.

sedagkan “do/does” yang saya maksudkan disini adalah sebagai kata kerja bantu, jadi do/does bukan merupakan kata kerja ,biasanya pada kalimat negatif dan kalimat tanya yang diikuti oleh kata kerja , , langsung ke contoh :

contoh : I don’t think so. << kalimat negatif , dengan kata kerja “think”

contoh : Do u love me ? << kalimat tanya, dengan kata kerja “love”

contoh : i am not handsome. << kalimat negatif, karena  “handsome” adalah kata sifat (noun) jadi tidak menggunakan kata kerja bantu, tetapi menggunakan “to be” dan “not” mudah bukan🙂

penggunaan kata kerja bantu ini juga berlaku untuk kalimat lampau (past),.karena kata kerja (verb) untuk kalimat lampau selalu berubah kebentuk kata kerja 2 (verb2) maka kata kerja bantunya juga berubah ke kata kerja bantu 2, yaitu adalah “did” prinsipnya sama saja seperti kalimat present dan hanya berlangsung pada kalimat negatif dan tanya. Untuk kalimat positiv pengertian “did” sama seperti “do” yaitu melakukan. langsung ke contoh >>

contoh : I do it  >> I did it

untuk kalimat “i do it”  yang berarti “aku melakukan itu”, sedang “i did it” berarti “saya telah melakukannya”., jadi perbedaan verb1 dan verb2 menyatakan suatu kejadian itu adalah sekarang atau lampau.

untuk kalimat negatif dan tanya, sbb :

contoh : I didn’t come to the party last night. >> perlu diingat seperti contoh paling atas yaitu pada kata kerja lampau ya lampau berubah ke kata kerja 2, yang seharusnya “came” tetapi karena sudah ada “didn’t” maka kata kerja tetap pada kata kerja 1 yaitu “come”.

untuk kalimat tanya ,

contoh : did u hear that ? << sama seperti di atas karena sudah ada “did” kata kerjanya menggunakan kata kerja 1.

nah, sekarang untuk to be lampau dengan subject you, we, they tidak menggunakan “was” tetapi menggunakan “were”, sedangkan kata kerja 2 itu dibagi menjadi 2 yaitu : Irregular verbs dan regular verbs.

Contoh : “go” menjadi “went” adalah irregular verbs.

Contoh: “climb” menjadi “climbed” adalah regular verbs.

Mudah bukan🙂, sekarang hafalkan jenis regular verbs dan irregular verbs untuk dapat membuat kalimat yang bagus dalam artikel atau pidato berbahasa inggris saat anda menceritakan kisah anda dulu dalam artikel atau pidato tersebut. sampai jumpa di lesson selanjutnya🙂.

About sanggapramana

Mahasiswa S1 angkatan 2009 jurusan teknik sipil, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Posted on 01/10/2011, in English lessons. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Bambang Suharto

    Noun adalah kata benda, handsome adalah kata sifat / adjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: